Cara mengurus perpanjangan sim di tunjungan plaza surabay

Haii gaes, welcome to my blog.. okay cus aja kita akan bahas gimana sih caranya atau proses untuk pengurusan sim di wilayah surabaya, satu satu dulu yaa, kita akan mulai dari sim corner tunjungan plaza.

Di tunjungan plaza kita bisa mengurus perpanjangan sim, khusus perpanjangan doank yah, untuk bikin baru harus ke colombo, karena di sana pusatnya. Kadang orang bingung cari di mana sih tempat sim cornernya di tunjungan plaza, nah biat yang belum tahu letak sim corner di tunjungan plaza adalah di lantai LG di Tunjungan plaza 1, dekat burger king.

Untuk pengurusan surat kesehatan dokter dan psikotes untuk sim sama yakni di lantai LG tapi di Tunjungan plaza 2 dekat ace hardware atau panties pizza.

Mengapa harus di tunjungan plaza? Karena di tunjungan plaza itu bebas, tanpa ada batasan waktu seperti di colombo minimal H-14, BG junction H-7 dan siola H-14.  Selain itu di tunjungan plaza menerima sim dari luar kota maupun luar daerah.

Untuk jam operasionalnya yakni jam 10.00 wib sampai 20.00 wib sim corner, dokter dan psikotesnya.  Buka setiap hari senin sampai minggu, jam operasional minggu dari jam 10.00 wib sampai jam 14.00 wib saja. Minggu tidak libur kecuali tanggal merah nasional pasti tutup. Kemudian bagaimana persyaratan memperpanjang sim?

1. Harus memiliki nomor antrian
2. Membawa fotocopy sim yang akan di perpanjang dan ktp masing - masing 3 lembar
3. Surat keterangan sehat dari dokter
4. Surat psikotes

Kita bahas satu persatu ya gaes, untuk yang pertama yakni nomor antrian, biasanya orang - orang berinisiatif untuk datang jam 5 pagi untuk menulis absen di depan lobby tunjungan plaza 1 atau biasanya orang - orang sebutnya pintu yang muter hahaha, sebenarnya pihak sim corner tidak menyarankan untuk datang jam segitu, tapi memang karena orang - orang parno, takut kehabisan kuota bahkan ada yang datang jam 3 pagi untuk menulis absensi. Padahal nomor antrian baru di bagikan jam 06.30 wib sampai 08.00 wib.

Untuk nomor antrian tidak boleh d wakilkan, kecuali keluarga ya dan harus bisa menunjukkan bahwa yang mewakili adalah benar - benar keluarganya.

Tapi ada kabar gembira nih untuk yang datang ke sim corner di hari H jatuh tempo sim akan di istimewakan, jika datang di hari H sim habis tanpa nomor antrian, syaratnya datang ke sim corner pada jam 17.00 wib sampai jam 19.30 wib.

Biasanya orang - orang takut untuk datang di hari H karena antisipasi kalau mesin eror atau tidak di layani, tapi kalian tidak usah khawatir karena sudah dapat keistimewaan tanpa nomor antrian pasti di layani, di jamin gaes tidak usah takut.

Untuk pengurusan surat kesehatan dari dokter dan psikotes tanpa nomor antrian, pengurusan bisa jauh - jauh hari, untuk surat kesehatan dari dokter berlaku sampai 5 hari pengurusan sedangkan untuk surat psikotes berlaku hingga 30 hari dari tanggal pengurusan.

Yang kedua, fotocopy sim yang akan di perpanjang dan fotocopy ktp butuh total  3 lembar, bisa bawa dari rumah, atau bisa fotocopy di jalan kali asin samping tunjungan plaza dan atau bisa fotocopy di tempat dokter praktek di lantai LG tunjungan plaza 2.

Yang ke tiga, surat keterangan dari dokter bisa di dapatkam dari dokter di tunjungan plaza 2 lantai LG, atau bisa mengurus di puskesmas terdekat dari rumah, dokter umum ataupun klinik (bebas).

Yang ke empat, surat keterangan psikotes, jadi yang sudah pernah saya ulas di blog sebelumnya, saat ini untuk pengurusan sim baru dan perpanjang wajib memiliki surat psikotes, di mana pengurusannya yakni di lantai LG tunjungan plaza 2, bisa gak sih kalau mengurus di tempat psikotes lain? Jawabannya adalah tidak bisa, karena hanya lembaga psikologi yang di tunjuk oleh kepolisian saja yang berhak untuk mengeluarkan surat psikotes tersebut.

Tambahan lagi nih, untuk yang mati H+1 saat ini di berlakukan sim hangus atau telat perpanjang sehari sama dengan bikin sim baru lagi, hmmm sayang kan kalau bikin lagi, nah kalau bisa memang jangan sampai terlambat yaa untuk mengurus sim.

Oke gaes gitu aja yaah, semoga informasinya bermanfaat untuk kalian semua terutama untuk warga surabaya dan luar kota yang akan mengurus perpanjangan sim di tunjungan plaza.

Sampai jumpa pada tulisan gue selanjutnya..

Popular posts from this blog

Surat Tanda Terima Penahanan Ijazah

Pengalaman Naik Kereta Api Sancaka dan Jayakarta Premium Mojokerto - Yogyakarta

Bioskop Mojokerto CGV Sunrise Mall